Sabtu, 03 November 2012

Samsung dan LG Pecundangi Apple di Pasar AS


VIVAnews - Apple baru saja mempecundangi Samsung dalam sidang sengketa paten di pengadilan San Jose, California, beberapa waktu lalu. Sepertinya, ini adalah salah satu strategi Apple untuk tetap bisa bersaing dalam penjualan ponsel di Amerika Serikat. Sebab, pangsa pasar Apple di AS berada di bawah Samsung.

Mengutip laman Mashable, riset yang dilakukan comScore mencatat Samsung merupakan penguasa pasar ponsel di Amerika Serikat. Data comScore sendiri berdasarkan jumlah pendaftar atau subscriber ke operator di AS, untuk smartphone dan non-smartphone.

Samsung tercatat menguasai pasar hingga 25.6 persen di kuartal ini. Meski begitu, angka ini turun dari angka 25,9 persen yang diraih Samsung tahun lalu.

Peringkat kedua ditempati 'saudara sebangsa' Samsung, yaitu LG. LG menguasai 18,4 persen di kuartal ini, turun dari angka 19,2 persen di kuartal lalu.

Apple berada di peringkat ketiga, dengan 18,4 persen. Meski begitu, kenaikan Apple tercatat paling besar sebab tahun lalu hanya menguasai 14,4 persen pasar ponsel AS.

Di bawah Apple terdapat Motorola yang menguasai 11,2 persen pasar di kuartal ini. Pasar Motorola turun dari 12,5 persen di kuartal lalu.

Sedangkan produsen ponsel asal Taiwan, HTC, berada di posisi lima dengan menguasai 6,4 persen. HTC mencatat kenaikan, sebab di kuartal lalu hanya meraih 6 persen. 

Ketat
Samsung diperkirakan tetap bertahan menjadi pemuncak hingga Oktober mendatang. Prediksi ini disebabkan larisnya Samsung Galaxy S III yang mulai dijual di AS, Juni lalu.

Sedangkan Apple baru diperkirakan akan mendapat momentum di kuartal berikutnya. Sebab, iPhone terbaru diprediksi sudah muncul di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar