Rabu, 14 November 2012

Berapa Biaya Lisensi HTC ke Apple?


KOMPAS.com - Beberapa waktu yang lalu, Apple dan HTC telah mengumumkan perjanjian paten secara global dan juga perjanjian lisensi setidaknya dalam 10 tahun mendatang. Dengan perjanjian ini, HTC dan Apple resmi berdamai.

Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai proses damainya kedua perusahaan raksasa teknologi tersebut. Namun, menurut Shaw Wu, seorang analis dari Sterne Agee, kemungkinan besar HTC harus membayar sejumlah uang kepada Apple untuk proses damai ini.

Menurut Wu, seperti dikutip dari 9to5mac, HTC harus membayar uang sekitar 6 hingga 8 dollar AS tiap perangkat berbasis Android mereka kepada Apple.

HTC sendiri diperkirakan dalam satu tahun menjual 30 hingga 35 juta perangkat berbasis Android. Dengan kata lain, perusahaan asal Taiwan tersebut harus membayar 180 hingga 280 juta dollar kepada Apple.

Pendapatan tambahan dari HTC ini bisa dibilang hanyalah "uang receh" bagi Apple. Tahun lalu saja, perusahaan yang berpusat di Cupertino tersebut berhasil mencatat pendapatan bersih sebesar 41 miliar dollar AS.

Kisah perseteruan antara Apple dan HTC dimulai sejak tahun 2010 yang lalu. Dalam kurun waktu 2 tahun ini, Apple secara total telah menuduh HTC melanggar 20 hak paten terhadap sistem operasi mobile mereka, iOS.

HTC sempat tidak tinggal diam dalam menghadapi tuntutan Apple tersebut. Perusahaan asal Taiwan ini telah memasukkan berkas tuntutan mereka ke pengadilan.
Ketika itu, HTC menuduh Apple melanggar dua hak paten mereka mengenai transfer data berukuran besar lewat jaringan 4G LTE (Long Term Evolution). HTC menuduh Apple telah melanggar hak patennya tersebut lewat produk New iPad atau yang lebih dikenal dengan nama iPad 3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar