Rabu, 14 November 2012

Ini 9 Zat Berbahaya dalam Produk Kecantikan

BAGI Anda yang sering menggunakan produk kecantikan harap selalu mengecek kandungannya. Pasalnya, walau bisa mendongkrak performa penampilan kulit, bisa saja kandungan zatnya justru membahayakan kesehatan. Lalu apa saja kandungan dalam produk perawatan kecantikan yang perlu dihindari? 

1. Benzoil Peroksida
 
Bahan ini sering ditemukan dalam produk perawatan kulit berjerawat. Padahal zat tersebut diketahui mengandung karsinogen yang bisa merusak sel-sel dalam tubuh dan menjadi racun jika dihirup. Sebaiknya untuk perawatan kulit berjerawat gunakan bahan alami seperti cuka dari sari apel, madu dan minyak pohon teh. 

2. Triclosan
 
Meskipun banyak ditemukan pada produk sabun cair dan antibakteri, triclosan jauh dari sehat untuk dipergunakan dalam produk perawatan kulit wajah. Sebab triclosan akan melemahkan sistem kekebalan tubuh dan kelainan sistem endokrin. 

3. Zinc
 
Seng dianggap sebagai mineral penting yang sering ditemukan dalam produk tabir surya. Namun ternyata menurut studi yang dilakukan Missouri University of Health and Science, ditemukan partikel berukuran nano dari mineral yang rentan terhadap kanker kulit. 

4. Toxic Trio
 
Zat 'toxic trio' yaitu etanol, aseton dan etil asetat dalam pafrum dianggap sebagai limbah berbahaya oleh EPA. Bahan tersebut menyebabkan gangguan sistem saraf, kegagalan pernafasan dan penyakit ginjal. 

5. Petroleum
 
Minyak, yang merupakan bahan bakar fosil ditemukan bersembunyi di dalam produk bibir tapi juga lotion, produk rambut, makeup, pasta gigi dan bahkan dalam pakaian. Bahkan 95 persen dari bahan kimia yang digunakan dalam parfum juga berasal dari minyak bumi. Padahal zat tersebut menyumbat pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat. 

6. Lead
 
Penelitian yang dilakukan Campaign for Safe Cosmetics menemukan bahwa 61 persen merek lipstik populer di dunia mengandung sejumlah timbal. Padahal timbal menyebabkan ketidakmampuan belajar, kejang bahkan kematian. 

7. Acetone
 
Aseton sering digunakan menghapus cat kuku. Namun jangan terlalu sering menggunakannya, sebab bisa mengiritasi kulit, menekan sistem saraf pusat dan mengganggu saluran pernapasan. 

8. FD&C Color Pigment
 
Pigmen warna pada produk kecantikan dan farmasi ternyata terkait dengan sejumlah risiko kesehatan. Beberapa pigmen bisa menguras oksigen dari darah dan dikenal sebagai karsinogenik. 

9. Klorin
 
Klorin dianggap sebagai zat ampuh pembersih kolam renang. Tetapi efeknya ternyata berkontribusi besar terhadap alergi, penyakti diabetes, asma dan tekanan darah tinggi.

sumber: mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar