Jumat, 30 November 2012

BlackBerry 10 Andalkan 3 Hal


BANGKOK, KOMPAS.com - Harapan Research in Motion untuk bangkit kembali di industri mobile bertumpu pada platform BlackBerry 10 yang akan diluncurkan akhir Januari 2013 mendatang.

Dibanding kompetitornya, ada tiga hal utama yang yang menurut RIM menjadi poin kelebihan platform BlackBerry 10 di mata pengguna, yaitu aspek integrated, social, dan beautiful.

Integrated

Integrated berarti BlackBerry 10 menyatukan semua aspek komunikasi yang dibutuhkan pengguna melalui BlackBerry Hub. Fitur yang satu ini mengintegrasikan berbagai network jejaring sosial seperti FaceBook, LinkedIn, dan Twitter dalam satu tempat sehingga pengguna diklaim tak perlu lagi berpindah-pindah aplikasi untuk stay in touch dengan teman-teman dan kolega.

"Untuk bernavigasi, cukup lakukan satu sapuan di layar, tak perlu scrolling untuk berpindah aplikasi. Kita pun bisa langsung update status dari BlackBerry Hub, untuk Facebook atau Twitter misalnya," ujar Development Vice President Research in Motion Alec Saunders dalam acara BlackBerry Jam Asia 2012 di Bangkok, Thailand, Kamis (29/11/2012).

Agar lebih mudah untuk mengetahui siapa saja kontak yang dimiliki pengguna di masing-masing jejaring sosial, BlackBerry 10 menyediakan filter untuk masing-masing kategori jejaring sosial. Pengguna, misalnya, dapat melihat siapa saja yang ada di jaringan LinkedIn atau Twitter.

Social

Aspek kedua adalah Social, di mana BlackBerry 10 menekankan pada hubungan antar sesama pengguna. "Melalui BlackBerry 10, kita bisa langsung tahu siapa saja di antara teman yang juga memiliki BlackBerry sehingga dapat di-invite tanpa harus menanyakan PIN ke masing-masing orang," papar Saunders.

Para developer juga dianjurkan olehnya untuk memanfaatkan aspek social dari BlackBerry 10 ini karena pengguna bisa saling menginformasikan soal aplikasi pada sesama pengguna. "Aplikasi yang bisa di-sharememiliki kemungkinan untuk di-download 15 kali lebih besar dibandingkan yang tidak".

Terlebih lagi, lewat BlackBerry Hub, pengguna bisa melihat aplikasi apa yang di-download oleh pengguna lain sehingga bisa membantu developer untuk mengidentifikasi aplikasi seperti apa yang populer di kalangan para kontaknya.

Informasi tentang para kontak pun bisa langsung ditampilkan, seperti profilnya, update social network yang dilakukan, serta posting Facebook atau Twitter terbaru

"Salah satu yang paling saya sukai adalah fitur prediksi teks yang pintar, seperti dalam aplikasi BlackBerry Messenger. Ponsel bisa langsung menebak dengan cepat kata apa yang kita maksud ketika mengetik, tapi tidak langsung sok tahu memasukkan kata itu."

Nah, untuk memilih kata yang diprediksi oleh text prediction BlackBerry 10 ini, pengguna cukup menyapukan jari ke atas. Untuk menghapus kata-per-kata pun, pengguna tinggal menyapukan jari ke arah kiri.

Dalam pengalaman KompasTekno menggunakannya, Text Prediction BlackBerry 10 ini memang terasa menyenangkan dan memudahkan. Bisa memprediksi kata dengan tepat -setidaknya untuk bahasa Inggris- dan tidak menjengkelkan seperti beberapa layanan serupa di platform lain karena ponsel hanya akan memasukkan prediksi kata ketika benar-benar diinginkan oleh pengguna.

Beautiful

Terakhir, BlackBery 10 dikatakan Saunders memiliki aspek Beautiful, di mana sistem operasi ini diklaim mengusung tampilan visual yang indah tanpa mengorbankan aspek fungsionalitas.

"Kami pun ingin para developer untuk mengikuti prinsip ini. Rancanglah aplikasi dengan Indah untuk memaksimalkan User Experience".

Digabungkan, ketiga aspek integrated, social, dan beautiful membentuk konsep yang disebut RIM sebagai BlackBerry Flow. "Yaitu platform BlackBerry 10 yang berjalan mulus, indah tanpa hambatan, dan selalu terhubung," tandas Saunders.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar