Selasa, 13 November 2012

RIM Umumkan Tanggal Rilis BlackBerry 10

KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) akhirnya mengungkap tanggal perilisan sistem operasi dan perangkat BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013. Pada kesempatan itu, RIM akan menggelar beberapa acara peluncuran secara global.

Ada dua model perangkat BlackBerry 10 yang akan dikenalkan, satu model layar sentuh penuh dan satu lagi dengan papan ketik fisik. Selain itu, RIM juga akan menjelaskan rincian lengkap tentang fitur BlackBerry 10.

"Berkat kemitraan yang kuat dengan operator seluler global dan ekosistem pengembang aplikasi, kami yakin pelanggan akan mendapat pengalaman terbaik dengan BlackBerry 10," kata CEO RIM Thorsten Heins dalam sebuah pernyataan, Senin (12/11/2012).

Sejak Oktober lalu, perangkat BlackBerry 10 mulai diuji coba oleh 50 operator seluler di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Sistem operasi ini pertama kali diumumkan RIM pada akhir 2011 dengan nama BBX. Karena ada perusahaan lain yang telah memakai nama BBX, dan RIM kalah dalam sengketa merek dagang, maka sistem operasi ini ganti nama menjadi BlackBerry 10.

Mulanya RIM menjanjikan BlackBerry 10 akan dirilis pada akhir 2012, namun RIM menundanya hingga awal 2013. Penundaan ini memberi ruang pada Android dan iPhone untuk semakin mendominasi pasar. Sementara itu, perusahaan asal Kanada ini masih menaruh harapan pada BlackBerry 10 untuk meningkatkan penjualan yang makin terpuruk, lantaran banyak pengguna yang beralih ke iPhone dan Android.

Meski demikian, BlackBerry masih digunakan oleh pelanggan setia dari kalangan pebisnis dan instansi pemerintah yang mengutamakan keamanan dalam berkomunikasi.

Perlu diketahui, smartphone yang berjalan dengan sistem operasi BlackBerry OS 7 atau lebih rendah, tak dapat di-upgrade ke BlackBerry 10.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar