Selasa, 13 November 2012

Dana Talangan Yunani Ditunda Uni Eropa


JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah di zona euro tidak akan menyetujui pengucuran lebih banyak dana untuk mengatasi utang Yunani pada awal pekan ini. Saat ini belum ada konsensus tentang bagaimana kelanjutan utang tersebut sampai dekade berikutnya meskipun Yunani telah menyetujui anggaran ketat 2013.

Para menteri keuangan yang bertemu di Brussels, menurut riset Monex Investindo Futures di Jakarta, Selasa (13/11/2012), sebaliknya memberikan Athena dua tahun lagi untuk membuat pemotongan defisit anggaran yang diminta mereka.

Dalam dokumen yang disiapkan untuk pertemuan itu, konsesi tersebut membutuhkan dana sekitar 32 miliar euro. Namun, para pejabat mengatakan dana tersebut tidak bisa dikucurkan sejak para menteri keuangan menunggu Komisi Eropa, IMF, dan Bank Sentral Eropa, yang dikenal sebagai Troika, memberikan analisis kelanjutan utang Yunani. Hasilnya, para menteri keuangan mungkin harus berbicara lagi pada akhir pekan ini, baik secara tatap muka ataupun lewat telekonferensi.

"Tidak ada keputusan definitif hari ini, tetapi saya pikir secara umum kita menginginkan pencairan dana selanjutnya akan dilakukan dengan kemungkinan cara yang paling efektif," kata Jean-Claude Juncker, Ketua Menteri Keuangan Zona Euro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar