KOMPAS.com - Tidak ada yang memungkiri kalau BlackBerry
Messenger (BBM) merupakan salah satu fitur yang membesarkan nama
Research In Motion (RIM). Oleh karena itu, RIM terus berusaha memperkuat
fitur ini dengan berbagai kemampuan baru.
Kemampuan baru tersebut banyak dibahas oleh T.A. McCann, VP Product Strategy RIM, yang banyak mengurusi fitur messaging di perusahaan asal Kanada tersebut, seperti dikutip dari Pocket Flint.
Salah
satu fitur baru BBM yang sedang dikembangkan adalah kemampuan dari BBM
Groups. Saat ini, sebuah grup di BBM hanya bisa menampung 30 pengguna.
Ke depannya, RIM berencana untuk memperbesar batasan tersebut.
Menurut
Pocket Lint, fitur tersebut diadakan karena RIM sedang mencari
kesuksesan yang sama dengan Twitter. Fitur grup ini mengizinkan
penggunanya untuk mengirimkan pesan kepada banyak orang dalam sekali
waktu.
Sebagai contoh, fitur grup ini banyak digunakan di
Indonesia untuk berjualan. Para pemilik dan anggota grup yang berbagi
informasi produk yang dijual di bagian ini. Diharapkan, untuk ke
depannya, fitur ini tidak hanya maksimal untuk kegiatan berjualan saja,
tetapi untuk kegiatan menyebarkan pesan, mirip seperti seorang pengguna
Twitter yang menyebarkan tweet kepada para follower-nya.
Menurut McCann, ada kemungkinan kalau BBM memiliki fitur video call. Selain itu, McCann tidak menutup kemungkinan adanya fitur pembuatan grup otomatis saat si pengguna berada di sebuah tempat.
Saat ditanya mengenai kemungkinan RIM dalam memberikan BBM ke platform lain, McCann menyatakan kalau RIM belum memutuskan apa-apa.
"Kami berpikir keras, tetapi belum ada rencana untuk 'menyerahkannya' ke perangkat atau platform lain saat ini," kata McCann.
Memang dengan menjual BBM ke platform lain,
seperti Android, iOS, atau Windows Phone, pengguna BBM akan meningkat
tajam. Namun, hal tersebut akan mengurangi alasan orang untuk membeli
smartphone BB.
Saat ditanya, apa yang membedakan BBM dengan
aplikasi messaging lain, seperti What's App, Facebook Messenger, dan
Yahoo Messenger, McCann membanggakan fitur D dan R. Di fitur BBM,
apabila pengguna mengirimkan pesan, maka akan terdapat sebuah tanda
centang diiringi huruf D dan R. D untuk pesan yang telah terkirim (delivered) dan R untuk pesan yang sudah dibaca (read).
"Dengan
BBM, kami memiliki pengalaman," lanjut McCann. "Salah satu fitur kunci
kami adalah memiliki D dan R dan yang lainnya tidak melakukannya dengan
cara yang sama."
Tidak ada komentar:
Posting Komentar