Selasa, 13 November 2012

Investor Tunggu Hasil Yunani dan Jurang Fiskal AS


JAKARTA, KOMPAS.com - Investor global menunggu hasil pertemuan menteri-menteri keuangan Uni Eropa hari ini yang akan memutuskan pencairan dana talangan Yunani. Di saat yang sama, persoalan jurang fiskal atau fiscal cliff di Amerika Serikat juga terus dipantau.

Pemerintah Yunani telah mendapat persetujuan parlemen untuk pengetatan anggaran (austerity program) sebesar 11,5 miliar euro dalam 2 tahun ke depan. Ini dalam rangka untuk mendapatkan dana talangan hingga sebesar 32,6 miliar euro untuk menutup kekurangan pembiayaan.

Menurut ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih,di Jakarta, Selasa (13/11/2012), persetujuan parlemen menjadi prasyarat pencairan dana talangan tersebut. Selain itu, investor juga terus memperhatikan perkembangan pembicaraan mengenai fiscal cliff AS hingga enam pekan ke depan.

Pekan ini Presiden AS terpilih, Barrack Obama akan mengundang para petinggi partai Republik dan Demokrat ke Gedung Putih untuk mencari kompromi politik mengatasi isu itu. Fiscal cliff akan membuat defisit anggaran berkurang sebesar 607 miliar dollar AS disertai naiknya pajak. Menurut Lana, fiscal cliffbisa membuat ekonomi AS melemah di tahun 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar