Kamis, 01 November 2012

10 Donatur Terbesar Pemilu AS

Metrotvnews.com, New York: The Associated Press merilis 10 donatur terbesar dalam pemilihan presiden Amerika Serikat. Berikut ini adalah profil mereka:

Donatur terbesar untuk Partai Republik:

1. Sheldon Adelson (79). Pemilik kerajaan kasino Las Vegas Sands ini menyumbang dana US$34,2 juta. Pemilik resor di Singapura, Macau, dan Pennsylvania, ini juga memberikan dana US$10 kepada Restore Our Future, kelompok independen yang mendukung Mitt Romney.

2. Harold Simmons (81). Pemilik Contran Corp, perusahaan yang bergerak di bidang manajemen produksi dan sampah logam kimia, ini menyumbang US$16 juta untuk Romney. Komite penggalangan dana American Crossroads mendapat dana US$11juta dari Simmons. Dia juga memberikan US$800 ribu kepada Restore Our Future.

3. Bob Perry (80) menyumbang US$15,3 juta. Pendiri perusahaan properti Perry Homes yang bermarkas di Houston, Texas, ini memberikan US$9 juta kepada Restore Our Future dan US$6,5 juta kepada American Crossroads. 

Awal tahun ini, ia menyumbang US$100.000 kepada suatu kelompok yang mendukung bekas bakal calon presiden Rick Perry (tidak ada hubungan keluarga).

4. Robert Rowling (58) menyumbang US$4,1 juta. Menjabat sebagai kepala eksekutif TRT Holdings, antara lain sebagai payung Gold`s Gym, jaringan hotel Omni, Tana Exploration, dan sebuah perusahaan minyak. Dia memberikan US$4 juta kepada American Crossroads sebagai sumbangan pribadi dan korporasi, dan menyumbang US$100.000 kepada Restore Our Future.

5. William Koch (72) menyumbang US$3 juta. Pemilik Oxbow Corp, konsorsium energi dan pertambangan, ini memberikan US$3 juta kepada Restore Our Future sebagai sumbangan pribadi dan perusahaan.

Sementara penyumbang terbesar untuk Partai Demokrat:

1. Jeffrey Katzenberg (61) menyumbang US$2,5 juta. Pimpinan DreamWorks Animation, perusahaan pembuat film, juga memberikan uang US$2 juta kepada Priorities USA, kelompok penggalang dana yang mendukung Barack Obama. 

Dia juga mengumpulkan dana US$500.000 melalui penggalangan dana pribadi dan menyumbang langsung US$66.000 untuk kampanye Obama dan Partai Demokrat.

2. Irwin Jacobs (78) menyumbang US$2,1 juta. Pendiri dan mantan bos Qualcomm, produsen telepon genggam, juga menggelontorkan fulus untuk sejumlah kelompok pendukung Obama. Nilainya mencapai US$2 miliar. Dia juga memberikan langsung uang senilai US$23.000 kepada Obama dan Demokrat.

3. Fred Eychaner (67) menyumbang US$2 juta. Dia adalah pendiri Newsweb Corp, penerbit siurat kabar alternatif. Tinggal di Chicago, Illinois. Priorities USA menerima dana US$1,5 juta dari pengusaha yang juga menjadi penggalang dana pribadi bagi presiden dan mengumpulkan lebih dari US$500.000.

4. Jon Stryker (54) menyumbang US$2 juta. Dia tercatat sebagai seorang penderma dan tinggal di negara bagian Michigan. Stryker adalah ahli waris Stryker Corporation, perusahaan medis yang didirikan oleh kakeknya. Dia memberikan US$2 juta untuk Priorities USA dan US$66.000 untuk kampanye Obama dan Demokrat.

5. Steve Mostyn (41) memberikan US$2 juta. Dia adalah pengacara masalah kecelakaan. Tinggal di Houston, Texas. Mostyn menyumbang US$2 miliar kepada Priorities USA dan juga mendanai pemilihan Demokrat di Texas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar