Jumat, 05 Oktober 2012

Rupiah Diprediksi Melemah di Akhir Pekan

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah kembali diuji kekuatannya. Di akhir pekan ini, Jumat (5/10/2012), rupiah diperkirakan konsolidasi dengan kecenderungan melemah. Kemarin rupiah ditutup menguat di level Rp 9.590 per dollar AS dari level pembukaan Rp 9.5850 per dollar AS. Rupiah bergerak di kisaran Rp 9.580 - 9.590 per dollar AS.

Indeks bursa IHSG yang ditutup menguat menopang rupiah pada penutupan sore hari. Hasil lelang SUN kemarin yang cukup baik dimenangkan Rp 7,5 triliun dari target awal Rp 5 triliun. Namun ternyata masih belum mampu menahan rupiah dari tekanan dollar AS.

Riset BNI Treasury menyatakan, rilis data klaim pengangguran di AS yang lebih baik dari ekspektasi (367k vs 370k) diperkirakan turun mengeskalasi dollar AS pada pembukaan pagi ini. NDF 1 bulan di pasar offshore pagi ini dibuka turun di level Rp 9.594-9.606 per dollar AS diharapkan akan memberikan dampak positif pada pergerakan rupiah hari ini. Meningkatnya cadangan devisa Bank Indonesia di bulan September dibanding bulan Agustus diharapkan menjadi kekuatan sentral bank untuk mengawal kestabilan nilai rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar