Senin, 22 Oktober 2012

Pedrosa Menang di GP Malaysia

Metrotvnews.com, Sepang: Pembalap Spanyol Dani Pedrosa meraih kemenangan di Grand Prix Malaysia yang dipersingkat pada Ahad (21/10). Ia menjaga peluang meraih gelar juara dunianya di sirkuit yang basah karena hujan melalui kemenangan keenamnya pada tahun ini.

Pembalap Honda itu mengungguli pemilik posisi start terdepan sekaligus andalan Yamaha Jorge Lorenzo, yang menjadi pemuncak klasemen. Ini kemenangan ketiga berturut-turut Pedrosa sejak naik ke kelas Moto GP. Ia memenangi balap ini dengan catatan waktu 29 menit 29, 049 detik. Sedangkan Lorenzo terpaut 3,774 detik di belakangnya.

Rekan setim Pedrosa yang berasal dari Australia Casey Stoner, yang telah pulih dari cedera pergelangan kaki, mengakhiri balap di posisi ketiga. Stoner yang memulai dari baris kedua start mencatatkan waktu 29 menit 36,193 detik.

Balapan ini dipersingkat karena hujan deras. Panitia penyelenggara mengibarkan bendera merah pada lap ke-13 dari balap yang seharusnya berlangsung 20 lap. Lorenzo melesat sejak awal balap dengan harapan dapat meraih kemenangan perdananya di Sepang di kelas Moto GP. Namun ketika sirkuit mulai dilanda hujan yang turun semakin deras, Pedrosa secara brilian mampu meningkatkan kecepatan dan mengejar seteru lamanya itu.

"Ini kemenangan pertamaku di (kondisi) basah dan saya sangat bahagia. Saya mendapatkan ritme dan menjaga (catatan waktu) lap yang konstan," ucapnya.

Lorenzo mengatakan bendera merah berkibar saat Pedrosa berhasil menyalip dia. "Saya kesulitan ketika hujan deras membasahi trek. Saya beruntung dapat berada di peringkat kedua. Ini (raihan 20 poin untuk peringkat kedua) bagus untuk gelar kejuaraan," tuturnya.

Lorenzo mengakhiri balap di urutan kedua pada enam kesempatan terakhir meski memulai balap dari posisi terdepan. Satu-satunya balap yang ia menangi setelah memulai balap dari posisi terdepan adalah balapan pembuka musim 2012 di Qatar.

Stoner, yang kini telah mengumpulkan 230 poin, absen pada tiga balap musim ini. Ia mendapat cedera pergelangan kaki kanan saat melakukan kualifikasi untuk Grand Prix Indianapolis. Ia kembali membalap pada akhir pekan silam di Motegi. Ada rencana, ia akan pensiun pada akhir musim ini.

Juara dunia sembilan kali Valentino Rossi yang mengalami musim buruk bersama Ducati, finish di peringkat kelima. Ia berada di belakang rekan setimnya yang berasal dari Amerika, Nicky Hayden. Hasil balapan ini memangkas selisih poin Pedrosa dengan kompatriotnya Lorenzo, yang telah mengumpulkan 321 poin. Keduanya terpaut 22 poin. Masih ada dua balap tersisa pada musim 2012 di Australia dan Valencia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar