Minggu, 28 Oktober 2012

Microsoft Luncurkan Windows 8

SINGAPURA--MICOM: Microsoft kembali meluncurkan sistem operasi (OS) Windows terbaru yakni Windows 8 secara serentak di seluruh dunia.

Untuk regional Asia Pasifik acara peluncuran dipusatkan di Esplande, Marina Bay, Singapura.

"Kita mau membayangkan dan mendesain ulang Windows," kata Presiden Direktur Microsoft Asia Pasifik Tracey Fellows saat berdiskusi dengan para wartawan dari Indonesia di Singapura, Kamis (25/10).

Ia mengatakan, tren komputer layar sentuh atau yang lebih dikenal dengan komputer tablet membuat Microsoft harus membuat beberapa perubahan radikal. Salah satunya adalah perubahan dalam interface.

Interface dalam Windows 8 sendiri terlihat lebih sederhana dengan gambar ikon yang cukup besar. Tampilan interface sekilas terlihat seperti tampilan dalam sistem operasi di iPad ataupun di tablet Android. "Layar sentuh membuat kami harus menyesuaikan interface di Windows 8 ini karena cara berinteraksi layar sentuh sangat berbeda," kata Tracey.

Namun demikian, Windows 8 bisa juga digunakan di komputer meja atau dikenal dengan nama PC. "Semua hardware yang saat ini sudah menggunakan Windows 7 pasti bisa menggunakan Windows 8. Termasuk PC," kata Tracey.

Windows 8 juga memiliki kecepatan yang lebih baik ketimbang produk sebelumnya, Windows 7. "Perbedaan Windows 7 dan Windows 8 cukup banyak. Windows 8 lebih cepat sekitar 40 persen, bahkan startup kurang dari 7 detik," kata Tracey sembari menunjukan kebolehan OS terbaru yang dibuat oleh perusahaan milik Bill Gates tersebut.

Windows 8 juga akan mengakomodasi ribuan aplikasi dalam Windows Store tanpa mengkhususkan gadget yang digunakan. Bahkan, menurut Tracey, dari seluruh perusahaan yang bekerja sama denga Microsoft seperti Acer, Dell, HP, Samsung, Toshiba dan lainnya sudah menyiapkan lebih dari 50 gadget baru untuk dipasangkan dengan sistem operasi Windows 8.

"Apapun hasrat Anda, Windows 8 bisa memenuhinya," kata Tracey.

Windows 8 sendiri keluar dalam tiga varian yakni Windows 8 Pro, Windows 8 dan Windows RT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar