Kamis, 18 Oktober 2012

Jemaah Haji Reguler Meninggalkan Madina

Metrotvnews.com, Madina: Seluruh calon haji reguler asal Indonesia sudah bergerak meninggalkan Madina menuju Mekah. Namun, sebelum mencapai Mekah, jemaah calon haji harus mampir di Bir Ali untuk mengambil miqat atau berniat haji.

Saat ini Madinah hanya diisi jemaah haji khusus. Mereka baru akan bergerak ke Mekah dan miqat di Bir Ali, besok waktu setempat.

Tahun ini Indonesia memberangkatkan sebanyak 211.244 jemaah calon haji. Sebanyak 194 ribu di antaranya adalah haji reguler. Selebihnya adalah haji khusus, sebelumnya haji plus.

Sebagian besar calon haji sudah tiba di Madinah. Mereka berziarah ke Masjid Nabawi dan kemudian bergerak ke Mekah. Sementara sebagian jamaah haji dari Tanah Air langsung menuju Mekah dan mengambil miqat di Jeddah.

Seluruh jamaah haji tahun ini diharuskan sudah masuk Mekah sebelum 20 Oktober 2012. Pada tanggal itu semua akses ke Mekah ditutup. Bandar Udara King Abdul Azis pun tak dioperasikan.

Pengecualian bagi mereka yang lewat jalur darat. Mereka masih bisa masuk Mekah, sampai 21 Oktober 2012. Selepas tanggal itu pintu gerbang kota akan ditutup.

Di lain sisi, hari ini satu calon haji meninggal di Balai Kesehatan Indonesia di Mekah. Total jemaah asal Indonesia yang meninggal jadi 66 orang. Sebagian besar dari mereka adalah jemaah yang berusia lanjut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar