Kamis, 18 Oktober 2012

Sepatu Marie Antoinette Laku Rp630 juta

Metrotvnews.com, Paris: Sepasang sepatu milik ratu Prancis Marie Antoinette terjual seharga 50 ribu euro atau sekitar Rp630 juta di hari peringatan hukuman mati sang ratu. Semula, sepatu yang dilelang balai lelang Druout itu hanya ditaksir terjual 10 ribu euro.

Para juru lelang mengatakan, mereka kebanjiran penawaran dari seluruh dunia. Artefak lain yang juga ditawarkan adalah beberapa foto dan satu set peralatan makan malam yang dahulu dimiliki oleh suami Marie Antoinette, Raja Louis XVI.

"Jelas sangat jarang menemukan benda-benda yang pernah dimiliki sang ratu, terutama pakaian atau benda lain yang lebih intim," kata pakar Cyrille Boulay. "Saya sudah bekerja sebagai pakar artefak bersejarah selama 20 tahun. Ini kedua kalinya saya melelang sepasang sepatu. Ini sangat istimewa," kata Boulay.

Pembeli sepasang sepatu itu mengikuti lelang melalui telepon. Panitia merahasiakan identitasnya. Louis XVI menikahi Marie Antoinette, anak kaisar Austria dan permaisurinya, pada 1770. Pasangan itu mengumpulkan furnitur dan benda seni dalam jumlah sangat besar.

Kebiasaan sang ratu menghamburkan uang membuatnya dijuluki "Madame Deficit." Menyusul Revolusi Prancis, ia dituduh melakukan pengkhianatan dan dipenggal dengan pisau guillotine di Paris, 16 Oktober 1793.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar