Minggu, 07 Oktober 2012

Kenali 5 Tanda Vital Stres

JANGAN pernah menganggap remeh masalah stres meski Anda terlihat baik-baik saja. Kondisi yang biasanya diakibatkan oleh banyaknya masalah ini bisa berakibat fatal mengundang depresi, migrain, dan kondisi kesehatan lainnya. Nah, sebelum stres berakibat fatal, ketahui tanda-tanda vitalnya.

1. Melemahnya daya tahan tubuh. Stres memicu pelepasan catecholemines, hormon yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh Anda. Pelepasan  berkepanjangan dari hormon ini dapat mengganggu kemampuan hormon. Untuk cara terbaik, pastikan Anda melakukan olahraga rutin selama 30 menit setiap harinya. Olahraga tidak harus dalam intensitas tinggi, berjalan atau hanya melakukan peregangan juga bisa menjadi pilihan.

2. Muntah. Merupakan salah satu gejala tingkat keparahan stres. Mual dan muntah akan dialami selama jangka waktu tertentu atau selama stress melanda. Untuk mengatasinya, banyak istirahat dan minum air putih. Hal ini efektif dilakukan karena muntah dapat menyebabkan hilangnya elektrolit.

3. Mimisan. Dalam penelitian yang dipublikasikan di British Medical Journal, mimisan bisa terjadi akibat lonjakan tekanan darah yang sangat umum ketika stres. Untuk yang satu ini, jaga tekanan darah senormal mungkin, bisa dengan mengonsumsi jus belimbing, atau hanya mengonsumsi air putih yang cukup.

4. Rambut rontok. Stres merupakan salah satu penyebab kerontokan rambut. Di antara kondisi yang berhubungan dengan stres akibat rambut rontok adalah alopecia areata, sebuah gangguan autoimun yang menyebabkan sel-sel darah putih menyerang folikel rambut, akibatnya rambut menjadi rontok. Kondisi lain yang dipicu oleh stres yang lebih ekstrim disebut telogen effluvium, yang pada dasarnya ditandai dengan tiba-tiba kehilangan bahkan hingga 70 persen rambut.

5. Ingatan menurun. Jeffrey Rossman, PhD, psikolog dan tim ahli Rodale.com menyebutkan bahwa stres kronis dapat mengekspos hippocampus, wilayah otak yang mengontrol memori jangka pendek menghambat kemampuan otak Anda untuk mengingat.

Sumber : mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar