Jumat, 05 Oktober 2012

Positifnya Global Menjadi Pendorong Kenaikan IHSG


JAKARTA, KOMPAS.com - Sentimen positif datang dari pergerakan bursa global semalam dan Asia pada Jumat (5/10/2012) pagi ini. Indeks Harga Saham Gabungan berpotensi menguat karena dorongan sentimen itu. Bursa Asia pagi ini dibuka menguat akibat sentimen positif dari penguatan bursa AS dan pernyataan Gubernur Bank Sentral Eropa (ECB).

Sentimen positif juga muncul setelah gubernur ECB kembali menyatakan kesiapannya untuk melakukan pembelian obligasi di pasar sekunder jika syarat-syaratnya telah terpenuhi. Harga minyak pagi ini terkoreksi tipis ke level 91,4 dollar AS per barrel.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, IHSG hari ini diperkirakan masih akan memiliki momentum untuk melanjutkan penguatannya setelah kemarin berhasil mencetak level tertinggi baru. Positifnya sentimen di bursa global diperkirakan akan mendorong penguatan beberapa sektor yang menjadi lagging mover dalam sepekan terakhir seperti pertambangan, CPO dan perbankan. Support indeks berada di level 4.290.

Bursa AS melanjutkan kenaikannya dalam empat hari berturut-turut semalam seiring rilis data initial jobless claims dan factory orders AS yang lebih baik dari ekspektasi. Sementara harga minyak rebound 4 persen semalam menghapus koreksi yang terjadi hari sebelumnya dan ditutup di level 91,7 dollar AS per barrel, sementara mayoritas harga metal dunia turut menguat.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar