Jumat, 12 Oktober 2012

Cara Alami Menunda Menopause

MENOPAUSE bisa menjadi kondisi yang sering dikhawatirkan perempuan dewasa. Pasalnya, menopause bisa mengakibatkan perempuan terkena hot flashes (berkeringat di malam hari), kecemasan, serta gangguan kesehatan lainnya.

Meskipun merupakan kondisi normal, menopause bisa datang lebih cepat akibat pengaruh dari kondisi kesehatan. Nah, untuk menyikapi hal tersebut, ada beberapa cara alami untuk menunda menopause.

1. Perkaya phytoestrogen. Hormon estrogen pada perempuan akan turun secara drastis sebelum mengalami menopause. Hormon ini merupak sekelompok senyawa steroid yang berfungsi sebagai hormon seks pada perempuan. Kurangnya steroid menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada perempuan, seperti payudara, dan juga terlibat dalam penebalan endometrium maupun dalam pengaturan siklus haid.  Untuk mencegahnya, konsumsi makanan yang mengandung phytoestrogen seperti yang terdapat dalam gandum dan kedelai, tahu, dan tempe.

2. Jangan malas berolahraga. Ovulasi yang tidak berjalan normal karena tubuh yang tidak sehat merupakan salah satu penyebab menopause datang lebih cepat. Meskipun usia bertambah, pastikan Anda tetap menjaga kebugaran dengan berolahraga atau hanya sekedar melakukan peregangan paling tidak 30 menit setiap harinya.

3. Jauhi rokok. Bukan hanya berakibat fatal bagi kesehatan paru-paru, para perokok biasanya lebih rentan mengalami menopause dini. Pasalnya, merokok bisa menghambat peredaran darah sehingga mempengaruhi masa menstruasi.

4. Konsumsi antioksidan. Makanan yang diperkaya dengan antioksidan bukan hanya baik bagi sistem kekebalan tubuh. Namun juga bersifat mengusir racun dari dalam tubuh dan menunda tanda-tanda penuaan.

Sumber: mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar