Sabtu, 29 September 2012

Renault Bisa Musnah dari Bumi

Paris, KompasOtomotif - Bos Renault Carlos Ghosn melontarkan komentar yang mengejutkan! Dalam situasi terburuk yang bisa terjadi di Eropa, Renault bisa musnah dari muka bumi jika kondisi ekonomi tidak kunjung berangsur membaik.

Pertanyaan itu dilontarkan penyiar radio RTL di Perancis, mengatakan kemungkinan bangkrutnya Renault dari bisnis otomotif. "Dalam kondisi saat ini, ya (mungkin). Setiap perusahaan terikat pada negaranya masing-masing. Saya tidak tahu bagaimana sebuah perusahaan bisa bertahan, baik di basis pasarnya sendiri kalau tidak kompetitif," beber Ghosn, dilansir autonews (28/9/2012).

Menurutnya, setiap perusahaan perlu negara yang menjadi basis pasar terbesarnya. "Basis natural Renault saat ini, ya Perancis," lanjut Ghosn.

Dilanjutkan, Renault juga tidak bisa menghindari untuk, harus efisien dengan merumahkan sejumlah karyawannya kalau penurunan penjualan semakin dalam. Seluruh pabrikan mobil di  Eropa saat ini lagi pusing akibat kelebihan kapasitas produksi sementara pasar menurun.

Renault sudah memprediksi penurunan penjualan mencapai 13 persen di Perancis, sedangkan  di seluruh Eropa  8 persen pada tahun ini. Sementara itu,  PSA Peugeot-Citroen merencanakan PHK 10.000 karyawan dengan menutup satu pabrik dan mengurangi jam kerja di pabrik lainnya. Ghosn menegaskan belum ada rencana memutus hubungan kerja di Perancis.

COO Renault, Carlos Tavares menambahkan, pabrikan mobil di Eropa butuh waktu tiga sampai lima tahun ke depan untuk melalui tahapan prakrisis. "Kami belum yakin, saat ini kondisinya  sudah menyentuh titik terendah. Kami bisa terjebak pada situasi, kemungkinan bertahan lama," beber Taveres.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar