Rabu, 26 September 2012

17.051 Calon Haji Indonesia Tiba di Jeddah

Metrotvnews.com, Jeddah: Sebanyak 46 kloter calon haji asal Indonesia tiba di Arab Saudi dalam lima hari terakhir. Hingga kini, calon jamaah haji Indonesia yang telah tiba sebanyak 17.051 orang.

Selasa (25/9), direncanakn ada 10 kloter yang mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. Tetapi hingga pukul 21.30 waktu Saudi, baru tujuh kloter yang mendarat.

Ketika ditanya penyebab keterlambatan sejumlah kloter, Sekretaris Daerah Kerja Jeddah Nur Alya Fitra tidak bisa memberi penjelasan karena kewenangan ada pada maskapai penerbangan. Dia juga menjelaskan bahwa kloter dari Solo yang direncanakan mendarat Selasa pukul 14.45 waktu Saudi hingga pukul 21.30 belum juga mendarat.

Sekjen Kemenag Bahrul Hayat mengatakan sudah ada MoU dengan maskapai penerbangan tentang standar pelayanan yang seharusnya diberikan pada jamaah haji. "Kita menekankan agar seminimal mungkin jangan ada keterlambatan," kata Bahrul.

Kemenhub juga sudah menetapkan standar jenis pesawat, layanan di udara, jarak kursi ke kursi di depannya dan lainnya. Namun, dia juga mengingatkan keterlambatan sering terkait dengan pihak lain, yakni pengelola bandara yang memberikan ijin terbang dan ijin mendarat.

Terlepas dari itu, dia menyatakan bahwa pemerintah menginginkan kualitas pelayanan yang lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar