Selasa, 18 September 2012

Bloomberg Luncurkan Indeks Sukuk

TEMPO.CO, Kuala Lumpur- Perusahaan riset, konsultan dan media ekonomi Bloomberg menggandeng Persatuan Institusi Perbankan Islam Malaysia (AIBIM) dan Bursa Malaysia untuk meluncurkan Indeks Sukuk Korporat dalam mata uang ringgit, Indeks ini akan menjadi acuan bagi obligasi Islam berdenominasi Ringgit Malaysia, pasar terbesar sukuk di dunia.

Indeks sukuk korporat ini akan menjadi ukuran kinerja surat utang berbasis Islam yang likuid dan layak kredit di Malaysia. Bloomberg akan membuat indeks ini setiap hari, dengan tingkat bunga dan harga dari bank-bank anggota AIBIM.

“Kami telah berinvestasi dalam keuangan Islam global dan peluncuran ini menunjukkan komitmen terhadap pengembangan Malaysia sebagai pusat keuangan berbasis Islam di dunia,” kata Kamel Hajri, Business Manager for Islamic Finance Bloomberg, dalam acara Global Islamic Finance Forum 2012, Selasa, 18 September 2012.

Kamel ,mengatakan kerjasama ini, kata melengkapi portfolio dan perangkat keuangan Islam yang disediakan Bloomberg untuk Malaysia. Diharapkan, hal ini dapat meningkatkan transparansi dan likuiditas industri ini. Juga untuk memenuhi permintaan investor atas produk syariah.

Presiden AIBIM Dato’ Mohd Redza Shah Abdul Wahid mengatakan, diversifikasi pasar keuangan berbasis Islam dapat meningkatkan akses data yang akurat, setiap saat (terkini), dan komprehensif. Strategi kolaborasi pengembangan produk keuangan lokal akan membantu merangsang pertumbuhan jangka panjang, persaingan dan keberlanjutan jasa keuangan berbasis Islam.

“Sebagai penjamin emisi sukuk global utama, kami melihat penerbit sukuk domestic dan asing giat menggunakan pasar sukuk Malaysia,” kata Dato’ Mohamad Zabidi Ahmad, Head of Islamic Treasury CIMB Malaysia.

“Dengan adanya acuan dan akurasi harga, indeks ini akan memperbaiki pengelolaan portfolio dan berkontribusi mengembangkan pasar obligasi.”

Deputi Gubernur Bank Negara Malaysia Muhammad Ibrahim mengatakan, Malaysia terus mengembangkan dan memperkuat keuangan berbasis Islam dengan menambah produk-produk dan infrastruktur yang mendukung. Peluncuran Indeks Sukuk Korporat ini akan berkontribusi membuat transparansi harga menjadi lebih baik, memudahkan investor membuat keputusan.

Indeks sukuk ini adalah yang ketiga hasil kerja sama Bloomberg, Bank Negara Malaysia, dan Bursa Malaysia, dalam pengembangan pasar Malaysia. Pada 2011, Bloomberg meluncurkan Indeks Sovereign AIBIM Bursa Malaysia dan Indeks Sukuk Ex-MYR Malaysia, sebagai bagian dari platform keuangan berbasis Islam yang merupakan satu set data yang luas, analisa, dan berita khusus untuk produk syariah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar