Kamis, 27 September 2012

Dahlan Pastikan Bakal Setop Suntik Dana ke Merpati

JAKARTA--MICOM:> PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) dipastikan tidak akan mendapat suntikan penyertaan modal negara (PMN) lagi. Pasalnya, suntikan dana hanya akan membuat manajemen PT MNA menjadi lemah.

"Saya minta maaf kepada teman-teman Merpati, kalau suatu saat teman-teman mau mati, ya mati saja. Saya tidak mau uang negara digelontorkan ke Merpati lagi," tutur Menteri BUMN Dahlan Iskan saat ditemui di sela HUT ke-50 PT MNA di Jakarta, Rabu (26/9) malam.

Ia menilai suntikan dana dari pemerintah tersebut hanya akan membuat manajemen Merpati lengah, manja, dan tidak maju. Perusahaan bisa maju bila seluruh pegawai memiliki motif untuk bangkit dan berkerja.

"Tidak ada sejarahnya maju kalau orang itu dimanjakan. Tetapi dengan dikerasi seperti ini, Merpati kelihatan bergerak, menggeliat, berusaha keras, bangkit, serta masa depannya lebih terang," katanya.

Sebelumnya, pemerintah mengusulkan kepada DPR agar PT MNA mendapatkan PMN 2012 sebesar Rp200 miliar. Dana ini untuk pengembangan armada pesawat. PMN itu adalah yang terakhir yang akan diterima oleh maskapai penerbangan perintis tersebut.

Dahlan mengakui, penduduk Indonesia, khususnya Indonesia bagian timur, akan kehilangan bila Merpati mundur sebagai maskapai penerbangan.

Dahlan menyadari, susahnya mengupayakan kebangkitan PT MNA. "Tetapi saya lihat sekarang ini tanda-tanda kehidupan sudah lebih jelas, sehingga kalau ultah 50 tahun sekalian menjadikan rebound-nya PT MNA," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar