Rabu, 26 September 2012

Galaxy SIII Terancam Virus Factory Reset

SEJUMLAH peretas dilaporkan membuat kode berbahaya untuk menghapus data di ponsel pintar Galaxy SIII.

Kode 11 karakter yang terdiri dari simbol dan angka itu akan membuat Galaxy SIII melakukan factory reset secara total dan kini sudah beredar luas di dunia maya.

Peneliti dari Universitas Teknik Berlin Ravi Borgaonkar mengatakan jika pengguna Galaxy SIII mengujungi sebuah situs yang sudah ditanamkan kode berbaya itu, ponsel pintar mereka akan mengatur ulang secara otomatis tanpa harus meminta persetujuan dari pemiliknya.

''Reset akan terjadi dalam hitungan detik dan pemilik Galaxy SIII tidak bisa melakukan apapun,'' ujar Borgaonkar.

Apa yang diungkapkan oleh Borgaonkar pada sebuah konferensi teknologi di Argentina pada pekan lalu itu mendapatkan perhatian serius dan apresiasi yang tinggi dan menyadarkan semua pihak bahwa peretas dapat menipu pemilik ponsel pintar Samsung melalui sebuah tautan dan menghapus semua data yang ada.

Tidak hanya di sebuah tautan, Borgaonkar juga mengatakan kode bisa diletakkan pada sebuah teks, kode Quick Response, ataupun melalui fitur near field communication (NFC).

Ancaman tersebut berlaku pada ponsel pintar Galaxy SII, dan perangkat lainnya yang berbasis Android dan memakai interface TouchWiz milik Samsung.

''Perangkat Android dari vendor lain nampaknya tidak terancam. Artinya, hanya Samsung yang diincar,'' jelasnya.

Sumber : mediaindonesia.com 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar