Minggu, 16 September 2012

Gunung Lokon Meletus lagi, Warga Waswas

MANADO--MICOM: Gunung Lokon, Tomohon, Sulawesi Utara, pada Sabtu (15/9) kembali meletus dan mengeluarkan asap tebal. Meski sudah terbiasa melihat aktivitas Gunung Lokon, penduduk setempat tetap waswas.

Khususnya, penduduk yang terletak di zona merah seperti Desa Kinilow, Desa Kinilow 1, dan Desa Galian C. Desa Kinilow terletak di radius 7 kilometer dari puncak, sedangkan Desa Galian C (Tambang Batu), terletak dalam radius 5 kilometer.

"Biasanya memang sering asap keluar dari puncak. Tapi, kemarin, gemuruh besar dan asap cukup tebal. Ada pijaran juga. Getarannya buat kaca bergetar, kabel tiang listrik sampai putus. Semua penduduk keluar di jalanan," ungkap Adri Sompotan, 50, penduduk Desa Kinilow, di Manado, Minggu (16/9).

Penduduk Tomohon, khususnya yang terletak di zona merah, mengaku semakin waswas. Pasalnya, aktivitas Gunung Lokon dirasa kian sering terjadi. Adri memperlihatkan beberapa foto yang dipotret sendiri dari kamera telepon selulernya.

Penduduk pun sudah bersiaga jika sewaktu-waktu harus melakukan evakuasi. "Agustus kemarin saja sudah berkali-kali gunung ini mengeluarkan kepulan asap tebal. Mulai dari pagi, terkadang berhenti dan sore mulai lagi. Ini membuat kami waswas," tambah Adri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar