Senin, 24 September 2012

Akhir September, Tarif Tol Jakarta-Cikampek Naik

VIVAnews - PT Jasa Marga Tbk akan menaikkan tarif untuk ruas tol Jakarta-Cikampek pada akhir September 2012. Kenaikan ini disesuaikan dengan tingkat inflasi di Jakarta dan Jawa Barat.

"Menurut BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol), tingkat inflasi di kedua daerah tersebut adalah 10 persen," kata Direktur Operasi Jasa Marga, Hasanudin, dalam sosialisasi kenaikan tarif tol di kantornya, Jakarta, Senin 24 September 2012.

Saat ini, menurut Hasanudin, tarif terjauh di tol Jakarta-Cikampek adalah Rp11 ribu untuk Cikarang-Cikopo. Nantinya, setelah kenaikan, tarifnya akan berkisar Rp12.000 atau Rp12.500.

Untuk kepastian kenaikan tarif tersebut, Hasanudin mengatakan bahwa pihaknya saat ini menunggu keputusan dari pemerintah, dalam hal ini melalui BPJT.

Kenaikan tarif ini pun, dia menambahkan, masih menunggu izin tertulis dari menteri pekerjaan umum. Namun, Hasanudin mengaku bahwa persetujuan secara lisan telah diperoleh Jasa Marga.

Hasanudin menuturkan, semestinya jika disesuaikan dengan ketentuan, tarif tol Jakarta-Cikampek naik pada awal Juli 2012. "Namun, BPJT masih menganggap ada beberapa aspek layanan yang harus diperbaiki, antara lain kondisi permukaan jalan yang berlubang dan beberapa pagar yang perlu perbaikan," jelasnya.

Saat ini, menurut Hasanudin, seluruh perbaikan telah rampung dilakukan.

Hasanudin memaparkan, ruas tol Jakarta-Cikampek tiap harinya dilewati oleh 450-500 ribu kendaraan dan bisa mencetak penghasilan Rp2,5 miliar per hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar