Minggu, 02 Desember 2012

Nissan Akan Bakukan Nismo Sebagai "Sub Brand"


Detroit, KompasOtomotif - Jika Mercedes-Benz punya AMG, BMW dengan M Division dan Chrysler versi SRT, maka tak lama lagi Nissan akan meresmikan Nismo sebagai sub brand. Sama seperti merek lain, Nismo akan menyediakan versi kencang dan sport dari model yang dipilih oleh Nissan.
"Kami melihat ada kesempatan baik untuk ini. Dan tidak semua produsen Jepang berhasil membuat sendiri (yang dibangun dari internal) sebuah divisi khusus yang menciptakan versi kencang atau sport. ," ujar Simon Sproule, Kepala Pemasaran Nissan Global saat diwawancaraTheDetroitBureau. Termasuk ujicoba yang dilakukan oleh anak perusahaan  Infiniti (merek premium untuk pasar Amerika), yang berencana mengeluarkan varian IPL (Infiniti Performance Line).
Gabungan dua divisi
Dengan dinaikkannya status Nismo diharapkan tercipta keseragaman bentuk modifikasi dari setiap model. "Ada persyaratan dasar bagi model yang akan ditempelkan logo Nismo. Secara visual harus berbeda baik eksterior atau interior. Selain itu, tenaga harus meningkat paling tidak 10 persen dari standarnya," tegas Sproule. Untuk perubahan eksterior minimal menyentuh area muka seperti gril. Menurutnya penggunaan spion berwarna merah juga bisa dijadikan ciri khusus untuk versi Nismo.
Sproule mengambil contoh Mercedes-Benz AMG dan BMW M Division yang konsisten menampilkan versi kencang. Dan dirinya menargetkan Nismo minimal bisa seperti itu dan diharapkan para konsumen memiliki eksklusivitas dan kebanggan untuk memilikinya.
Proyek perdana yang akan dihadirkan Nismo adalah Juke dan siap diperkenalkan di Eropa pada kuartal pertama 2013. Lalu, crossover itu  mengaspal di Amerika Serikat pada kuartal kedua atau ketiga. Yang jelas, harga lebih mahal namun prosentase kenaikannya masih belum dikonfirmasi.
Nismo yang merupakan kependekan dari Nissan Motorsport International Limited didirikan pada 17 September 1984 bagi Nissan bukanlah "orang lain".  Nismo merupakan divisi motorsport milik Nissan Motor Company, hasil dari penggabungan dari dua unit kerja, yakni Divisi 3 berbasis di pabrik Oppama dengan tugas memenuhi kebutuhan privatir dan sebagai penguji mobil (tes). Satu lagi, pabrik Omori yang khusus mengoperasikan pabrik.
Penggabungan kedua divisi itu difokuskan pada ajang balap mobil, dimulai dari JSPC, Formula Nippon, JTCC (turing Jepang),  FIA GT Championship, hingga lomba ketahanan paling bergengsi Le Mans. Selain itu, Nismo juga merambah ke arena single seater F3 di Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar