Minggu, 02 Desember 2012

2,55 Juta Warga Korsel Kecanduan Smartphone

VIVAnews - Kecanduan smartphone terus tumbuh di Korea Selatan. Hal ini didukung dengan akses internet yang merupakan salah satu yang tercepat di dunia.

Menurut laporan Akamai, perusahaan yang bergerak di bidang konten internet dan aplikasi, sepanjang kuartal empat 2011, rata-rata kecepatan internet di negeri ginseng ini mencapai 17,5 Mbs. Adapun puncak kecepatan koneksi internet tercatat 49,7 Mbs.

Kondisi tersebut membuat warga Korea Selatan, mulai dari anak usia dasar sampai orang tua sangat bergantung padasmartphone, bahkan hingga kecanduan. Menurut catatan pemerintah setempat, 2,55 juta pengguna ponsel pintar saat ini mengalami kecanduan smartphone, yang sebagian besar adalah usia remaja.

Kecanduan tersebut dipandang semakin mengkhawatirkan. Sebab setiap aktivitas masyarakat Korea Selatan tidak pernah lepas dari ponsel pintar, mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali, tangan tidak lepas darismartphone. Saat di dalam kamar mandi pun, mereka masih menggunakan smartphone.

Untuk itu, di Korea Selatan kini muncul klinik khusus untuk orang yang mengalami kecanduansmartphone. Klinik tersebut yaitu Korea Internet Addiction Centre.

Pemerintah Korea Selatan juga mewaspadai bahaya kecanduan internet dan smartphone. Untuk itu, pemerintah Korea Selatan bersama Korea Telecom sudah menyiapkan pelajaran wajib tentang internet dan smartphone untuk anak usia TK sampai SMA.

Setahun terakhir ini nilai industri smartphone di Korea Selatan semakin berkembang. Nilai industri disebutkan mencapai US$ 5,4 miliar. Korea Selatan saat ini juga menjadi negara produsen smartphone terlaris di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar