Senin, 12 November 2012

Toyota Pertimbangkan Membeli Aston Martin

KABAR dijualnya merek Aston Martin sangat mengejutkan insan otomotif dunia sehingga menimbulkan perdebatan soal siapa yang akan menjadi pemilik terbaik merek Inggris tersebut. Sejauh ini nama-nama yang muncul di antaranya adalah Mahindra India dan Toyota. 

Yang jadi pertanyaan saat ini adalah, mengapa Investment Dar Company yang memiliki 64 persen saham pabrik mobil terbaik di Gaydon ini menjual sahamnya? Padahal Aston saat ini tengah dalam kondisi keuangan terbaiknya dalam bebrapa tahun ini dan memiliki jajaran produk yang kuat. 

Rupanya, perusahaan Kuwait tersebut saat ini dalam kondisi yang kurang bagus. Mereka butuh dana segar untuk melunasi hutang 1.37 miliar dinar (US$4,9 miliar). 

Menurut Businessweek, Dar diperkirakan akan mendapatkan US$800 juta dari Aston Martin. Padahal perusahaan ini membeli saham Aston Martin sebesar US$805 juta pada 2007. 

Sebuah gagasan agar Toyota mengambil alih Aston Martin sepertinya sebuah rencana yang bagus. Kedua perusahaan telah melakukan kerjasama pada berbagai proyek. Singkat kata, mereka saling mengenal satu sama lain untuk melakukan transisi tanpa harus banyak masalah. 

Selain itu, Bloomberg mengabarkan bahwa Toyota telah memekerjakan seorang auditor untuk menganalisa dan mengevaluasi bisnis Aston Martin. 

sumber: mediaindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar